Tips Menggunakan Chain Block 2 Ton yang Perlu Diketahui

Chain block atau takel merupakan sebuah pesawat katrol yang digunakan untuk memindahkan suatu benda. Di pasaran, chain block dijual dengan kapasitas tertentu. Salah satu contohnya adalah chain block 2 ton.

Takel dengan kapasitas 2 ton memiliki arti bahwa kemampuan mengangkatnya adalah maksimal 2 ton. Sehingga, apabila Anda ingin mengangkat barang dengan muatan di bawah 2 ton, maka takel kapasitas 2 ton adalah pilihan yang tepat

Meskipun demikian, Anda juga perlu memastikan bahwa berat dari beban yang akan diangkat tidak terlalu kecil. Penggunaan chain block 2 ton akan menjadi tidak ekonomis apabila bebannya di bawah 1 ton. Sebab, tentu akan lebih baik apabila menggunakan chain block 1 ton.

Selain terkait beban pengangkutan, ada hal lain yang perlu diperhatikan ketika Anda sudah memutuskan untuk membeli takel dengan kapasitas 2 ton, salah satunya adalah tips penggunaan. Bagaimana cara penggunaan chain block yang baik? Baca selengkapnya dalam pembahasan berikut ini.

Tips Menggunakan Takel 2 ton

Setiap alat termasuk takel sudah sewajarnya wajib digunakan dengan benar. Jika salah dalam menggunakan, maka kerusakan alat adalah risikonya. Agar kerusakan dapat dihindari, perhatikan beberapa cara menggunakan takel kapasitas 2 ton di bawah ini.

  • Jangan Gunakan untuk Mengangkat Beban yang Lebih Berat

Karena memiliki kapasitas yang terbatas, maka sudah jelas bahwa chain block tidak dapat asal digunakan. Dalam penggunaannya, hal pertama yang perlu dipastikan adalah beban yang sesuai. Misalnya ketika menggunakan chain block berkapasitas 2 ton, maka tidak disarankan untuk mengangkat beban 3 ton.

  • Jauhkan dari Air dan Bahan Kimia Berbahaya

Peralatan yang terbuat dari logam, termasuk takel 2 ton sebaiknya dijauhkan dari air untuk mencegah terjadinya kemungkinan korosi. Selain air, bahan kimia berbahaya juga perlu dihindari karena dikhawatirkan dapat merusak logam.

  • Jangan Dioperasikan Tanpa Training

Meskipun tergolong sebagai alat pengangkut kelas ringan, penggunaan chain block berkapasitas 2 ton membutuhkan training. Hal ini dilakukan untuk menghindari kemungkinan terjadinya kerusakan alat dan kecelakaan kerja.

  • Lakukan Perawatan dengan Benar

Sama halnya dengan yang lainnya, takel 2 ton tentu perlu dirawat dengan benar. Perawatan dapat berupa menjaga kebersihan chain block agar tidak macet, menyimpan pada tempat yang kering untuk menghindari karat, dan lain-lain.

  • Lakukan Inspeksi Secara Rutin

Inspeksi chain block 2 ton perlu dilakukan secara berkala untuk agar alat dapat bekerja secara semestinya. Proses ini dapat menghindari kecelakaan dan kerusakan alat yang tidak diinginkan.

Tempat Membeli Takel 2 Ton

Setelah memahami beberapa tips penggunaan di atas, Anda dapat membeli chain block di tempat terpercaya seperti Mega Jaya. Silakan cek chain block 2 ton di Mega Jaya untuk mendapatkan kualitas yang terbaik.