Jenis-Jenis Industri Yang Ada Di Dunia

Jenis-Jenis Industri Yang Ada Di Dunia – Sebelum masuk ke subpos dan jenis-jenis industri, sebaiknya pahami dulu apa yang dimaksud dengan industri. Apa itu industri? Industri merupakan sisi produktif dari kegiatan usaha yang disebut industri dan tentunya masih banyak contoh perusahaan industri yang umum dijumpai di Indonesia. Industri ini adalah kegiatan komersial yang terlibat dalam perbaikan, manufaktur, pengolahan atau produksi produk.  Pembangunan tempat industri pun melibatkan banyak hal seperti alat berat, tenaga kerja konstruksi, perusahaan besar hingga pemerintah.

Baca juga: Harga sewa excavator pc 200

Hasil industri adalah barang konsumsi dan  barang jadi. Barang konsumsi adalah barang yang  digunakan oleh konsumen akhir. Contohnya antara lain produk makanan olahan, tekstil, kosmetik dan lain-lain. Barang manufaktur adalah barang yang digunakan oleh produsen untuk memproduksi  barang lain. Contoh: Mesin, peralatan, dll. Perluasan perdagangan dan perdagangan tergantung pada pertumbuhan industri. Ini adalah sisi penawaran pasar.

  1. Industri primer

Industri primer melibatkan produksi barang dengan bantuan alam tentunya. Ini adalah industri berbasis alam yang membutuhkan sedikit usaha manusia. Contohnya termasuk pertanian, kehutanan, perikanan, hortikultura dan lain-lain seperti industri non-pertambangan.

  1. Industri sekunder

Industri ini akan bergerak di bidang reproduksi dan pemuliaan rempah-rempah tumbuhan dan hewan tertentu untuk dijual. Tujuan utamanya adalah untuk membuat penjualan menguntungkan. Misalnya pembibitan, peternakan, unggas, ternak, dll.

  1. Industri Pertambangan

Industri Pertambangan meliputi pengambilan atau pengambilan barang dari bumi, udara atau air. Pada umumnya hasil industri pertambangan masih dalam bentuk mentah dan digunakan oleh industri manufaktur dan konstruksi untuk menghasilkan produk jadi. Misalnya industri pertambangan, batu bara, minyak dan gas bumi, bijih besi, penebangan kayu dan karet dari hutan, dll.

  1. Industri Manufaktur

Industri manufaktur meliputi proses pengubahan bahan mentah menjadi produk jadi dengan menggunakan mesin dan tenaga kerja. Produk jadi dapat berupa barang habis pakai atau komoditas. Misalnya industri tekstil,  kimia,  gula, industri kertas, dll.

  1. Industri Konstruksi

Industri konstruksi mendukung pekerjaan konstruksi struktur, jembatan, jalan, bendungan, kanal, dll. Industri ini berbeda dengan jenis industri lainnya karena dari segi produksi barang-barang industri lainnya dapat diproduksi di satu tempat dan dijual di tempat lain. Tetapi barang-barang yang diproduksi dan dijual oleh industri konstruksi dipasang di satu tempat.

Pekerjaan industri pasti melibatkan banyak tenaga kerja, bangunan dan juga lingkungan tertentu demi mendukung kegiatan industri tersebut. Oleh sebab itu pemerintah biasanya menyediakan kawasan tersendiri yang khusus untuk digunakan sebagai keperluan industri. Selain itu kegiatan industri sangat erat kaitannya dengan limbah, bahkan limbah industri cukup berbahaya apabila tidak ditanggulangi dengan semestinya. Untuk mengatasi hal tersebut pihak yang bertanggung jawab hendaknya bekerja sama dengan perusahaan water treatment Indonesia  agar limbah industri tetap aman bahkan dapat digunakan kembali.