Ini 5 Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan Yang Sayang Untuk Dilewatkan

Temulawak merupakan salah satu tanaman herbal yang mudah ditemukan di Indonesia. Bagian – bagian dari tanaman herbal ini adalah akar, rimpang, batang, daun, dan bunga.

Menurut buku Tanaman Potensial Berkhasiat Obat (2020) yang ditulis oleh Dr Suharman, SP, MSi, tanaman temulawak dengan nama latin Curcuma xanthorrhiza ini mengandung zat warna alami yakni kurkuminoid yang terdiri dari warna kuning dan merah jingga.

Zat warna alami tersebut banyak digunakan sebagai pewarna makanan maupun minuman dan bahan kosmetik. Kurkuminoid pun bisa dimanfaatkan sebagai bahan obat herbal. Zat warna alami tersebut dihasilkan dari rimpang temulawak yang sudah dicuci, diiris, dikeringkan, lalu digiling hingga halus dan menjadi bubuk.

Setelah itu, bubuk tersebut diekstraksi dan diolah untuk menjadi produk berupa benzol dan juga kurkuminoid. Rasa temulawak memang sedikit pahit, namun manfaatnya untuk kesehatan sangatlah berlimpah seperti membantu menjaga daya tahan tubuh, melancarkan pencernaan, dan melawan kanker payudara.

Untuk lebih jelasnya, berikut dibawah ini sejumlah manfaat temulawak untuk kesehatan yang bisa kamu dapatkan antara lain :

  1. Menambah Nafsu Makan

Salah satu manfaat temulawak yang cukup terkenal adalah bisa menambah napsu makan.

Salah satu uji yang dilakukan oleh Dr Marline Abdassah, MS, seorang peneliti farmacetika Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran, yang membuat xanthorrizol dalam bentuk emulsi untuk mendongkrak napsu makan terhadap anak.

Dari berbagai uji yang dilakukannya selama 6 bulan, dosis 42 mg xanthorrizol yang dicampurkan dengan 5 ml sirup manis dinilai yang paling pas dan mampu meningkatkan napsu makan terhadap anak.

Namun, persentase peningkatannya masih terus diuji. Marline menduga hal tersebut terjadi karena adanya perbaikan fungsi hati sehingga terjadilah peningkatan metabolisme tubuh.

  1. Sumber Antioksidan Yang Baik

Menurut buku berjudul Seputar Temulawak (2019) yang disusun oleh Redaksi Trubus, para peniliti sepakat bahwa temulawak merupakan sumber antioksidan yang baik.

Prof Dr Sidik Apt selaku Guru Besar Emeritus Farmasi Universitas Padjadjaran menjelaskan didalam buku tersebut bahwa senyawa kurkumin dan desmetoksikurkumin didalam temulawak bermanfaat untuk membantu menetralkan racun dan radikal bebas dari polusi berbahaya.

Sementara itu, Prof Sumali Wiryowidagdo selaku Guru Besar Farmasi Universitas Indonesia, mengungkapkan bahwa temulawak bisa membantu menghilangkan oksidator pemicu sel kanker didalam tubuh.

  1. Menyembuhkan Jerawat

Ekstrak rimpang temulawak pun dipercaya bisa membantu menyembuhkan jerawat.

Seperti dikutip dari Trubus, Penelitian Irmanida Batubara MSi serta Kolega : Tohru Mitsunaga dan Hideo Ohashi dari Gifu University di Jepang, menyebutkan bahwa jerawat akibat bakteri Propionibacterium acnes bisa disembuhkan dengan mengkonsumsi temulawak.

Dalam sebuah penelitian, ditemukan ekstrak rimpang temulawak dengan methanol dan 50 persen etanol cukup mampu menghambat daya serang bakteri tersebut melalui mekanisme penghambatan aktivitas lipase, sejenis enzim katalisator.

Antioksidan yang terkandung didalam ekstrak rimpang temulawak pun dipercaya berperan dalam mengurangi peradangan akibat jerawat.

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Temulawak didalam dunia fitoterapi diklasifikasikan sebagai adaptogen, yaitu bahan yang tidak berbahaya dan mampu meningkatkan daya tahan untuk melawan racun yang berdampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Sidik berpendapat bahwa umumnya efek temulawak adalah membantu membuat normal kembali fungsi jaringan yang terganggu.

  1. Melancarkan Pencernaan

Mengutip dari buku berjudul Sehat Dengan Temulawak (2020) yang disusun oleh Redaksi Trubus, herbalis Hartini Koentjoro mengungkapkan bahwa tanaman temulawak sangat baik untuk menangani masalah pencernaan.

Biasanya, ia akan menyarankan pasiennya untuk mengkonsumsi air perasan temulawak. Zat kurkumin didalam temulawak mampu merangsang produksi cairan empedu dan membuat pencernaan lebih lancar.