Doa Saat Terjadi Suatu Hal

Doa adalah sebuah ibadah bahkan juga inti dari ibadah tersebut sebagai contoh adalah ibadah haji. Pada hakekatnya ibadah adalah ungkapan dari lahirnya kesadaran nurani atau perasaan hajat meminta pertolongan atau bantuan kepada Allah SWT. Tapi bukan cuma seseorang yang sedang tertimpa sebuah musibah tapi juga untuk seluruh umat Islam yang masih hidup (diberirahmat dan kehidupan), di dalam keadaan yang masih sehat dan tidak kurang suatu apa pun, sebagai manusia kita harus berdoa untuk meminta atau bersyukur berkat rahmat yang maha kuasa. Agar kita selalu diberi keuatan iman dan takwa supaya selalu bisa melakukan segala perintah-Nya. Berikut adalah Doa saat terjadi suatu hal yang dikutip dari berita viral.

1. doa ketika tertimpa musibah

Sebagai Muslim, tentu tidak perlu panik berlebihan dan sabar dalam menghadapi ujian dari Allah SWT.

وَلَنَبْلُوَنَّكُمْ بِشَيْءٍ مِّنَ الْخَوْفِ وَالْجُوْعِ وَنَقْصٍ مِّنَ الْاَمْوَالِ وَالْاَنْفُسِ وَالثَّمَرٰتِۗ وَبَشِّرِ الصّٰبِرِيْنَ اَلَّذِيْنَ اِذَآ اَصَابَتْهُمْ مُّصِيْبَةٌۗ قَالُوْٓا اِنَّا لِلّٰهِ وَاِنَّآ اِلَيْهِ رٰجِعُوْنَۗ اُولٰۤىِٕكَ عَلَيْهِمْ صَلَوٰتٌ مِّنْ رَّبِّهِمْ وَرَحْمَةٌۗ وَاُولٰۤىِٕكَ هُمُ الْمُهْتَدُوْنَ

Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepada kalian dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan, “Inna lillahi wainna ilaihi rajiun.” Mereka itulah yang mendapat keberkatan yang sempurna dan rahmat dari Tuhannya, dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk. (QS Al Baqarah ayat 155-157)

Allah Swt memberitahukan bahwa pasti menimpakan cobaan kepada hamba-hamba-Nya, yaitu untuk melatih dan menguji mereka. Ada kalanya Allah Swt mengujinya dengan kesenangan dan ada kalanya mengujinya dengan kesengsaraan berupa rasa takut dan rasa lapar.

وعن سعد بن مالك- رضي الله عنه- أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال: في قوله تعالى: (لا إِلَهَ إِلاّ أَنتَ سُبحانَكَ إِنّي كُنتُ مِنَ الظالِمين) أيما مسلم دعا به في مرضه أربعين مرة فمات في مرضه ذلك أعطى أجر شهيد، وإن برأ برأ وقد غفر له جميع ذنوبه). رواه الحاكم.

Dari sa’id bin malik rodhiyallohu ‘anhu sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda tentang firman Allah laa ilaaha illaa anta subhaanaka innii kuntu minadz dzoolimiin , setiap orang muslim yang berdoa dengan doa tersebut 40 kali ketika sakit kemudian dia meninggal sebab sakit tersebut maka dia akan diberi pahalanya orang yang mati sahid, dan jika sembuh maka dia sembuh dalam keadaan diampuni semua dosa-dosanya”.( Diriwayatkan oleh Imam Hakim).

Dalam riwayat lain disebutkan:

 وعنه ، وعن أبي سعيد – رضي الله عنه – عن النبي – صلى الله عليه وسلم – قال : ” ما يصيب المسلم من نصب ، ولا وصب ، ولا هم ، ولا حزن ، ولا أذى ، ولا غم ، حتى الشوكة يشاكها ، إلا كفر الله بها خطاياه ” متفق عليه .

Nabi bersabda, ” tidaklah menimpa seorang mukmin dari suatu kepayahan, tidak pula penyakit yang terus terusan, kegalauan, kesedihan, rasa sakit hingga terkena duri kecuali itu semua Allah akan meleburkan kesalahan-kesalahannya sebab terkena hal-hal tersebut”.

2. Doa saat hujan turun

Saat turun hujanb pun sebaiknya kamu mengucapkan doa saat turun hujan sebagai berikut:

إِنَّ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- كَانَ إِذَا رَأَى الْمَطَرَ قَالَ اللَّهُمَّ صَيِّباً نَافِعاً

 

Allahumma shoyyiban nafi’an.

Artinya: “Ya Allah turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat”