Beda Jenis Beda Rasa, Yuk Kenali Perbedaan Pisang Kepok Kuning dan Putih Berikut Ini!

Siapa yang tidak kenal dengan pisang kepok, jenis pisang yang satu ini nyatanya cukup umum dijumpai di pasaran. Bahkan juga bisa dijadikan beragam jenis olahan yang menggugah selera. Maka tak heran jika seandainya banyak orang yang menyukainya. Biasanya pisang yang satu ini kerap dijadikan sebagai bahan untuk membuat pisang goreng, kolak pisang sampai dengan nugget pisang, karena memang jika dilihat dari segi rasanya sendiri cenderung lebih manis dibandingkan dengan pisang lain, dagingnya juga cukup tebal.

Apa Itu Pisang Kepok?

Sebelumnya penting sekali bagi Anda untuk mengetahui bahwa pisang kepok merupakan jenis pisang yang sebenarnya berasal dari negara Filipina. Disana pisang ini disebut sebagai Sab-a atau Cardaba. Ia termasuk dalam kulivar ABB yang artinya termasuk dalam kelompok pisang yang dapat diolah, karena memang mengandung pati cukup tinggi. tidak mengherankan karena memang dibandingkan dimakan secara langsung, banyak orang yang lebih memilih menggunakan pisang ini sebagai makanan olahan.

Karena memang pada dasarnya pisang yang satu ini dapat diproses atau diolah, maka tidak heran jika seandainya nutrisi yang terkandung didalamnya juga sangat baik. Karena memang ada begitu banyak kandungan nutrisi yang tersimpan dalam pisang kepok. Termasuk diantaranya adalah karena ia tinggi kandungan kalium, magnesium, mangan sampai dengan serat hingga vitamin B6 serta vitamin C. Jadi punya banyak manfaat juga untuk kesehatan.

Jenis-Jenis Pisang Kepok

Patut untuk diketahui bahwa pada dasarnya pisang kepok ini sendiri tak hanya ada satu jenis, melainkan 2 jenis, berikut ini yang patut diketahui, yaitu:

  1. Pisang kepok putih, umumnya jenis yang satu ini banyak dijadikan sebagai pakan burung, khususnya adalah buruk kicau yang memang sangat menyukainya. Pisang kepok putih sendiri memiliki rasa yang lebih gurih dan nikmat. Ukurannya tergolong lebih kecil jika dibandingkan dengan pisang kepok kuning, kulitnya tipis dan juga pisang kepok putih memiliki daging buah empuk, sehingga lebih enak dimakan. Hanya saja memang banyak orang memilih menjadikannya sebagai santapan burung.
  2. Pisang kepok kuning, jenis yang satu ini paling umum tentunya untuk dijumpai. Ia juga sering disebut sebagai pisang kepok merah. Punya begitu banyak manfaat untuk kesehatan karena kandungan nutrisi yang ada didalamnya cukup tinggi, ia mampu untuk menjaga kadar gula darah agar tetap stabil, sehingga aman dikonsumsi bagi penderita diabetes melitus atau kencing manis. Pisang kepok kuning umum diolah menjadi beragam jenis camilan seperti keripik pisang, pisang goreng dan sejenisnya. ukuran dari pisang kepok kuning lebih besar dibandingkan dengan pisang kepok putih, kulitnya tebal dan isinya juga padat, dari segi rasa juga lebih manis dan cocok dibuat aneka olahan.

Belanja Buah-Buahan Semakin Mudah Lewat TaniHub

Sekarang ini untuk berbelanja beragam jenis kebutuhan dapur Anda, termasuk diantaranya adalah pisang kepok memang semakin mudah dengan hadirnya TaniHub. Platform ecommerce berbasis aplikasi yang satu ini secara khusus menjual produk kebutuhan pertanian. Pilihannya juga lengkap tak sekedar buah-buahan saja, melainkan juga ada sayur, daging, telur, ikan, bumbu masak hingga sembako juga tersedia lengkap. Didapatkan secara langsung dari tangan petani Indonesia yang baru panen, sehingga lebih terjamin kesegarannya. Belanja di TaniHub artinya Anda sudah ikut berkontribusi dalam memajukan perekonomian lokal, jadi ayo segera download aplikasinya dan berbelanja. Aplikasinya bisa Anda dapatkan lewat Play store maupun Appstore.