6 Objek Wisata di Bali yang Wajib Banget Dikunjungi!

Setelah mengalami masa suram selama pandemi. akhirnya banyak objek wisata di Bali yang dibuka untuk umum. Hal ini tentunya membawa angin segar bagi pariwisata dan ekonomi masyarakat Bali. Tentunya kamu juga udah kangen banget sama Bali, kan?!

Biar kamu makin tenang wisata ke sini, pemerintah sudah membekali tempat ini dengan sertifikat CHSE atau Cleanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainability. Bahkan Bali juga ditetapkan sebagai pilot project untuk wisata berbasis vaksin.

6 Objek Wisata di Bali yang Ngangenin

1. Tanah Lot

Siapa yang nggak tahu dengan Pura ikonik satu ini? Berada di atas karang dikelilingi pantai yang indah, tempat ini menjadi salah satu pura tercantik di Bali. Makanya banyak wisatawan yang pengin ke sini.

Waktu air pasang, kamu bakalan melihat tempat ini kayak sedang mengapung di atas air. Pemandangan beda lagi bakalan kamu temui kalau airnya surut.

Waktu surut, ternyata ada gua kecil di dalam batu karang tempat pura berdiri. Di dalam gua kecil tersebut ada ular kecil berwarna hitam dengan belang berwarna kuning.

Nggak ada yang berani buat ngusik ular tersebut. Karena menurut legenda masyarakat sekitar, ular itu adalah jelmaan selendang seorang Brahmana yang mendirikan pura itu. Brahmana mengembara dari Jawa ke Bali.

Nggak cuma itu, keajaiban lain yang bisa kamu temukan di sini lainnya adalah adanya sumber mata air tawar. Sumber mata air tersebut spesial karena bisa terasa tawar padahal dikelilingi oleh air laut yang asin.

2. Pantai Kuta

Pasir putih pantai Kuta memang nggak ada duanya. Bahkan tempat ini selalu pertama terlintas waktu ditanya tentang Bali. Pantai Kuta emang sangat terkenal. Kalau ke sini kamu nggak usah kaget karena melihat banyak turis bule yang berbikini ya. Karena emang pantai ini cocok banget buat dijadikan tempat santai sambil tanning.

Fasilitas publik di tempat ini juga sudah direvitalisasi dan semakin diperbanyak, misalnya toilet umum, penginapan, tempat makan dan masih banyak lagi. Tempat ini juga jadi salah satu tempat wisata Bali yang sudah buka untuk menjemput wisatawan.

Tempat ini juga kerap dijadikan sebagai lokasi untuk melakukan upacara ritual keagamaan, misalnya upacara labuhan dan lain sebagainya. Makanya tempat ini terkenal banget karena ciri khasnya tersebut.

3. Pantai Pandawa

Hampir sama dengan Pantai Kuta, tempat ini juga menawarkan pemandangan hamparan pasir putih yang indah. Hanya saja bedanya adalah pantai ini terletak di balik tebing. Makanya, pantai ini juga mendapat julukan surga tersembunyi di Bali Selatan.

Nggak cuma itu, air di tempat ini juga jernih dengan deburan ombak yang nggak begitu besar. Cocok banget buat kalian bersantai menikmati pemandangan asal jangan sambil over thinking aja. Penamaan pantai ini sendiri juga karena adanya lima patung pandawa yang diletakkan di area wilayah masuk ke tempat instagramable di Bali ini.

4. Nusa Penida

Objek wisata di sekitaran Bali memang nggak pernah habis. Meskipun nggak di pusat kota Bali, taoi tetap aja Nusa Penida jadi salah satu objek wisata yang sangat menarik bagi wisatawan. Bahkan Hostelworld menobatkan Nusa Penida sebagai salah satu tempat tujuan wisata terbaik dunia untuk backpacker pada tahun 2020.

Kelebihan dari tempat ini adalah dikelilingi perbukitan hijau dengan pantai-pantai indah yang mengelilinginya. Salah satu pantai yang terkenal di dekat Nusa Penida adalah Pantai Kelingking. Bahkan pantai ini tercatat sebagai salah satu pantai yang paling cantik di kawasan Asia.

5. Desa Penglipuran

Sebagai desa dengan julukan desa terbersih kedua di dunia, maka nggak heran kalau daerah ini menjadi salah satu destinasi wisata yang diunggulkan. Selain karena kebersihannya, desa yang terletak di kaki Gunung Batur, Kabupaten Bangli, ini memiliki kebudayaan yang masih sangat kental.

Saat datang ke tempat ini, ada banyak aturan yang musti kalian patuhi. Salah satunya adalah nggak boleh sembarangan masuk ke pekarangan rumah orang atau merusak tanaman dan segala sesuatu yang ada di sana.

Desa ini juga disebut dengan desa adat karena memang penduduknya masih sangat menjunjung tinggi adat istiadat yang diberikan nenek moyang mereka. Udara di tempat ini juga sangat sejuk karena desa ini dikelilingi oleh hutan bambu yang dilestarikan keberadaannya.

6. Pasar Seni Ubud

Pasar ini menjadi terkenal terlebih karena pernah jadi salah satu lokasi pengambilan gambar film Hollywood berjudul Eat, Pray and Love. Di tempat ini kamu bisa mendapatkan berbagai macam cinderamata khas Bali dengan harga yang terjangkau. Kamu juga bisa belajar melukis atau menganyam bambu dari pengrajin di sekitar kawasan ini.

Sekarang kamu nggak perlu takut lagi buat datang ke semua objek wisata di Bali. Sebab pemerintah sendiri sudah menjamin keamanan wisatawan yang datang ke tempat ini. Selain itu, sarana dan prasarana serta protokol kesehatan sudah ditingkatkan di tempat ini.