5 Rekomendasi Tempat Wisata di Bandung yang Bersejarah

Mengunjungi berbagai tempat wisata di Bandung memang sangatlah menarik untuk dijadikan destinasi utama saat berlibur. Selain identik dengan wisata alam dan juga kuliner, ternyata Kota Bandung ini juga mempunyai banyak tempat bersejarah loh. Bagi Anda yang sedang berlibur di kawasan Kota Bandung, berikut rekomendasi tempat wisata bersejarah yang wajib untuk dikunjungi.

1. Monumen Bandung Lautan Api

Monumen Bandung Lautan Api terletak di Jl. BKR Ciateul, Kecamatan Regol, Kota Bandung. Tempat ini merupakan salah tempat yang tidak pernah sepi dikunjungi oleh wisatawan.

Hal ini dikarenakan, untuk mengunjungi tempat wisata Bandung Lautan Api, Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli tiket. Pasalnya Anda dapat mengunjungi Kawasan monument ini secara gratis.

Monumen ini dulunya dibangun untuk mengenang akan perjuangan seluruh masyarakat Bandung untuk mempertahankan kota dari serangan tentara sekutu. Peristiwa ini biasa dikenal dengan sebutan peristiwa Bandung Lautan Api. Dengan mendatanginya, banyak orang akan bisa merasakan vibes perjuangan para pahlawan.

2. Gedung Merdeka Bandung

Tempat wisata di Bandung yang bersejarah lainnya yaitu Gedung Merdeka. Lokasinya berada di Jalan Asia Afrika No 65, Braga, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung. Gedung ini pernah dijadikan sebagai saksi dalam berlangsungnya Konferensi Asia Afrika pada tahun 1955.

Di dalam tempat ini, Anda akan menemukan berbagai hal-hal peninggalan sejarah, seperti ruang dokumenter, ruang pameran, atau bahkan koleksi mesin ketik yang digunakan pada saat konferensi. Selain itu, dengan kecantikan desain arsitektur dari bangunan ini, Anda juga dapat menjadikannya sebagai spot foto.

3. Benteng Pasir Ipis

Benteng Pasir Ipis terdapat di Desa Jayagiri, kecamatan Lembang, kabupaten Bandung Barat. Penamaan dari tempat bersejarah ini yaitu dikarenakan lokasinya yang berada di Kawasan Pasir Ipis. Hal ini dikarenakan tidak adanya catatan sejarah yang menunjukkan nama dari benteng peninggalan zaman Belanda.

Benteng ini dibangun pada tahun 1819 dengan panjang benteng hingga mencapai 1 km. Benteng ini digunakan para anggota Belanda sebagai bentuk pertahanan pada masa perang dunia pertama. Namun, tempat ini sudah tidak lagi membentuk benteng yang utuh. Karena sebagian besar permukaan pada benteng telah penuh dengan lumut dan berbagai tanaman liar.

4. Gedung Indonesia Menggugat

Destinasi tempat wisata di Bandung lainnya adalah Gedung Indonesia Menggugat. Gedung ini sebelumnya merupakan sebuah tempat tinggal salah satu warga Belanda yang dibangun pada tahun 1907.

Namun seiring berjalannya waktu, bangunan ini beralih fungsi menjadi tempat Pengadilan Pemerintahan Kolonial Belanda. Hal tersebut bertujuan untuk mengadili setiap para pejuang kemerdekaan Indonesia.

Walaupun bangunan ini sudah mempunyai umur yang sangat tua, namun bangunan ini masih berdiri kokoh. Lokasi tempat ini berada di Jl. Perintis Kemerdekaan No 5 Babakan Ciamis, Sumurbandung, Kota Bandung.

5. Goa Belanda

Goa Belanda ini berlokasikan di Taman Hutan Raya Djuanda, Kecamatan Cimenyan, Kota Bandung. Tempat ini dulunya digunakan sebagai salah satu tempat tangki penyimpanan air yang berukuran sangat besar. Air tersebut disimpan untuk digunakan sebagai cadangan pada saat musim kemarau tiba. Selain itu, tempat ini juga pernah dijadikan sebagai tempat Stasiun Radio belanda pada saat Perang Dunia II.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata di Bandung yang dapat Anda kunjungi Bersama keluarga ataupun Bersama dengan teman-teman Anda. Tempat wisata mana nih yang akan Anda kunjungi sebagai tujuan pertama?