5 Fakta Seputar Doa Nabi Yunus yang Harus Anda Ketahui

Membaca doa Nabi Yunus merupakan salah satu ibadah yang dilakukan oleh umat muslim. Doa ini dapat membantu Anda keluar dari musibah atau kesulitan yang tengah dihadapi. Ketika Anda berdoa dengan tulus, maka Allah SWT akan mendengarnya dan mengabulkan doa tersebut.

Doa yang dipanjatkan Nabi Yunus merupakan salah satu doa yang mustajab dan lekas dikabulkan oleh Allah SWT. Begitu istimewanya doa ini membuat banyak ulama menyarankannya untuk dibaca dan dijadikan amalan.

Fakta Seputar Doa Nabi Yunus 

Membaca doa adalah hal yang sangat sering dan merupakan ibadah nyata bagi umat Islam. Doa adalah permohonan yang baik untuk diri sendiri maupun orang lain, termasuk doa-doa yang dipanjatkan Nabi Yunus AS. Berikut fakta-fakta terkait doa tersebut:

  • Asal Muasal

Di masa kehidupannya, Nabi Yunus AS pernah mengalami cobaan berat, yaitu ditelan oleh ikan paus besar. Ketika berada di dalam perut ikan paus ini, Nabi Yunus AS terus memanjatkan doa meminta keselamatan kepada Allah SWT. Doa ini dikenal sebagai Dzun Nuun atau doa Nabi Yunus.

  • Doa Pengakuan Dosa

Dalam lafal doa yang dipanjatkan oleh Nabi Yunus terdapat pengakuan kepada Allah SWT mengenai diri sendiri yang termasuk orang-orang zalim. Inilah bagian pengakuan dosa yang membuat doa satu ini juga seringkali dianggap sebagai doa pengakuan dosa yang tulus dan ikhlas.

Dengan melafalkan doa ini, manusia akan selalu ingat bahwa dirinya penuh dengan dosa dan berkewajiban untuk mengakui dosa tersebut. Selain itu, juga mengingatkan diri agar tidak melakukan dosa lagi di masa yang akan datang.

  • Pengakuan Terhadap Keagungan Allah SWT

Sungguh, Allah SWT adalah pencipta langit dan bumi serta segala isinya. Tiada hal yang terjadi tanpa sepengetahuan-Nya. Namun, banyak manusia yang terkadang lupa akan hal ini. Dengan memanjatkan doa seperti doa-doa yang dipanjatkan Nabi Yunus AS, maka manusia akan selalu mengingat dan mengakui keagungan Allah SWT.

  • Doa Meminta Perlindungan dan Keselamatan

Doa yang dipanjatkan oleh Nabi Yunus AS selama berada dalam perut ikan bukan hanya berisi pengakuan dosa, tapi juga permohonan meminta lindungan dan keselamatan kepada Allah SWT. Oleh sebab itu, doa ini juga disebut sebagai doa meminta perlindungan dan keselamatan.

  • Kapan Harus Membacanya?

Membaca doa merupakan hal yang baik dilakukan setiap hari, terutama setelah selesai shalat. Dengan membaca doa seperti doa Nabi Yunus setiap hari sebanyak 40 kali selesai shalat subuh, maka akan dapat menjadi bekal di akhirat nanti. Selain itu, juga sangat dianjurkan untuk orang yang sedang sakit dengan membaca doa ini sebanyak 40 kali dapat diberikan kesembuhan dan pahala orang yang meninggal dalam keadaan syahid.

Membaca doa Nabi Yunus banyak keutamaan dan manfaatnya, baik sebagai doa perlindungan, memohon ampunan, hingga digunakan oleh orang-orang yang sedang sakit. Mau tahu berbagai artikel Islami lainnya, berkunjunglah ke laman Orami.co.id.